Ilustrasi Komik Homecoming Spiderman Menggunakan Inkscape

ilustrasi vector inkscape spiderman homecoming



Langsung saja, berawal dari sketsa kasar yang kemudian di tracing menggunakan Inkscape. Prosesnya sendiri memakan waktu kurang lebih 13 jam, dan itulah salah satu sebab kenapa video timelapse ini dibagi menjadi 3 bagian. Saya ingin video time lapse yang hanya berdurasi kisaran 15-10 menit saja.

Proses tracingnya manual menggunakan bezier tool dan bantuan path operation di Inkscape. Bezier tool untuk membuat bentuk dasarnya, dan kemudian detail ditambahkan bertumpuk diatas objek sebelumnya. Agar tumpukan objek mempunyai bentuk yang sama, atau tumpukannya tidak keluar dari bentuk objek dasarnya, path operation tool lah yang mengambil alih peran, mulai dari union, subtract, dan lainnya. Jadi jangan heran kalau di video time lapse bikin ilustrasi komik Homecoming Spiderman ini di Inkscape, banyak yang awalnya keluar dari bentuk dasar, kemudian di "rapihkan" dengan bantuan path operation tadi.


ilustrasi komik spiderman homecoming menggunakan inkscape
Full Color Version


Semakin objeknya bertambah banyak, mulai terasa si Inkscape kurang responsif. Entah karena screen capturenya nyala yang bikin berat, atau memang objeknya di Inkscape yang mulai banyak. Apalagi setelah ditambah filter blur dan layer mode yang beda-beda. Inkscape sempat crash dua kali... tapi untungnya fitur autosave saya nyalakan dari preference, dan ada autobackup dari Inkscape, jadi mulainya lagi dari crash tidak terlalu jauh.



ilustrasi komik spiderman homecoming dengan inkscape
Outline Mode Version


Gambar final disini sudah diedit dimensinya menjadi 1280 x 720px, dan sedikit perubahan dari komposisi objeknya. Dimensi awal (dari sketsanya) adalah 960px x 700px, jadi lumayan jauh perbedaan lebarnya.

Untuk lebih jelasnya, silahkan dipelototin video time lapse cara membuat ilustrasi komik Spiderman Homecoming ala Inkscape dibawah ini. Kalau terlalu cepat time lapsenya, harap maklum yak.


Part 1

 


Part 2

 


Part 3

 


Semoga menghibur...

Komentar

Posting Komentar

Monggo komennya