Dasar Membuat Lineart di Inkscape


Tayangan kali ini akan mambahas cara membuat garis lineart yang memiliki tebal tipis berbeda, menggunakan objek lain yang berfungsi sebagai profile dari lineart tersebut, di Inkscape. Sebenarnya ada banyak cara untuk membuat lineart seperti ini, namun cara yang akan ditayangkan di video tutorial Inkscape kali ini adalah cara paling awam.

Bagi yang masih bingung dengan lineart yang dimaksud adalah, sebuah garis yang memiliki tebal dan tipis berbeda tergantung dari tekanan yang dihasilkan saat kita menggunakan media tradisional seperti kuas atau dip pen. Mungkin mirip dengan salah satu tools di Inkscape yaitu calligraphy tool, tapi lineart yang dihasilkan dengan cara ini memberikan hasil yang lebih fleksibel karena dapat mengubah bentuk dari tipe garis lineartnya.

Sebenarnya saat pertama kali kita menggunakan bezier tool pada inkscape, terdapat opsi untuk langsung menggunakan profile pilihan standar dari Inkscape, seperti oval, triangle, dan lainnya. Dari situ nantipun dapat memodifikasi bentuk lineartnya. Tapi karena kebetulan saya penganut ajaran old school, tidak ada salahnya menguasai dasar dari membuat sesuatu dari awal. Bukan berarti cara instan tidak lebih baik, tapi kalau fondasi kemampuan kita kuat, yakinlah keatasnya akan kokoh dan kemampuan pun akan lebih solid. Hadeh ... kok malah bicara macam Mario Teguh he he he.

Nah sekarang mari siap-siap, siapkan mental, jernihkan pikiran, luangkan waktu, kunci pintu, siapkan pop corn dan minuman soda, karena tayangan berikut ini akan penuh makna namun tetap menghibur.

mulai....


Komentar